Friday, June 25, 2004

membuat mouse wheel berfungsi di linux

file yang perlu diedit:

/etc/X11/XF86Config

pada bagian Input Device, cari driver mouse.
kemudian tambahkan baris berikut:

Option "ZAxisMapping" "4 5"
Option "Emulate3Buttons" "no"
Option "Buttons" "5"

jadi section selengkapnya kira-kira seperti ini:

Section "InputDevice"
Driver "mouse"
Identifier "Mouse[1]"
Option "ButtonNumber" "2"
Option "Device" "/dev/mouse"
Option "Name" "Autodetection"
Option "Protocol" "ExplorerPS/2"
Option "Vendor" "Sysp"

#-- ADD THIS LINES
Option "ZAxisMapping" "4 5"
Option "Emulate3Buttons" "no"
Option "Buttons" "5"
EndSection

dan jangan lupa untuk me-restart X servernya.
semoga bermanfaat.

Monday, June 21, 2004

killer instinct

his name is rob, i like him.
i like him very much. because he is the coolest 'fauna' presenter that i've ever seen.

interupsi...
huh. kenapa nih internet, tau-tau disconnect. tulisan saya ilang deh...

hm, apa ya tadi...
o iya, saya tulis begini karena saya rindu presenter yang bener-bener menjiwai acara yang dibawakan. presenter benar-benar ngerti dan tahu secara mendetil tentang topik yang dibicarakan. jangan sampai ada presenter acara fauna, tapi megang kodok aja takut. kena tanah, alergi. gimana bisa menarik acaranya.

mungkin menarik, sih... tapi karena presenternya artis yang cakep.

Sunday, June 20, 2004

afi 2

acara grand final afi2 di TV berlangsung heboh banget. 2 orang calon presiden kita ikutan nyanyi (kampanye?) di panggung. ditambah komentar2 dari komentator yang isinya lumayan sesuai dgn situasi.

siapa yang menang sebenarnya gak penting, karena saya lebih tertarik dengan proses penentuan pemenangnya.

pada perlombaan ini, peserta lomba diharuskan menyanyikan lagu-lagu pilihan untuk dinyanyikan diatas panggung. setelah itu mereka diberi komentar atas usaha yang telah mereka lakukan. komentatornya juga nggak sembarangan. mereka terdiri dari para artis yang sudah terbukti prestasinya dalam bidang masing-masing.

uniknya, komentar yang diberikan tidak terlalu mempengaruhi kemenangan. karena siapa yang menang adalah siapa yang banyak dipilih penonton dalam polling sms.

perlombaan ini berlangsung selama 3 bulan. dan setiap minggunya peserta lomba tereliminir satu demi satu, karena memperoleh polling sms paling sedikit.

kalo dihitung2, ada 12 pekan perlombaan untuk sampai ke final. wow, lama dan pasti capek tuh. dan setiap harinya, penonton setianya bisa mengirim sms seharga Rp 2000 untuk mendukung 'jagoannya'. bahkan ada yang lebih dari satu kali kirim.

diantara penonton yang mengirimkan sms, ada gak yang pernah menghitung2 berapa rupiah yang telah dikeluarkan untuk jagoannya? pertanyaan ini untuk sang pendukung. ketika si pemenang mendapatkan hadiahnya --yaitu sebuh mobil--, apa yang didapat si pendukung? cukupkan dengan kepuasan sebagai pemilih?

Thursday, June 10, 2004

hujan

suasana habis hujan bikin ngantuk.
enaak banget buat tidur.

eit. jangan lama-lama.

Wednesday, June 09, 2004

selamat jalan kak mut

berita duka saya terima lewat handphone seseorang teman.
isinya bikin saya kaget dan sedih. kak mut (Husein Mutahar), kakak pembina pramuka kami.

seorang besar yang berjasa buat indonesia pergi untuk bertemu al-khaliq.
2 kali saya pernah bertemu beliau. juga pernah sekali ke rumahnya.

kak mut orang yang bersahaja dan penuh humor.
setiap akhir cerita, pasti menyelipkan ketawanya.

selamat jalan kak mut, semoga Allah SWT mengampuni kehilafanmu dan menerima amal perbuatanmu.
amiin.

gak ada kata terlambat buat belajar

belajar itu adalah proses. dari tidak tahu menjadi tahu.
dari tahu menjadi paham.

yang parah adalah kalau kita tahu bahwa kita tidak tahu, tapi kita tidak mau mencari tahu, atau tidak mau belajar. sekarang, waktunya untuk mencari tahu apa aja yang kita gak tahu tapi harus tahu. demi masa depan. demi hidup. jangan samapi kita gak tahu apa yang harus kita tahu lho. belajar...

Tuesday, June 08, 2004

gaya penulisan script sql dengan php

sering saya coba-coba berksperimen membuat script yang fleksibel untuk program yang saya buat.
salah satunya membuat query sql yang fleksibel.

saya pernah membuat query sql di php dengan cara seperti ini:


$sql = "SELECT COUNT(*) FROM tb_pelanggan "
. "WHERE jns_kel = 'L' "
. "GROUP BY tahun_lahir ";

kemudian berganti ke:

$sql = "SELECT COUNT(*) FROM tb_pelanggan ";
$sql = $sql + "WHERE jns_kel = 'L' ";
$sql = $sql + "GROUP BY tahun_lahir ";

kemudian berganti lagi ke:

$sql = "SELECT COUNT(*) FROM tb_pelanggan ";
$sql .= "WHERE 1 ";
$sql .= "AND jns_kel = 'L' ";
$sql .= "GROUP BY tahun_lahir ";

untuk cara terakhir, itu yang paling saya suka. karena buat saya relatif mudah dibaca,
dan cukup efisien dalam pemakaian byte.

saya juga sering menambahkan klausa WHERE 1, kalau query-nya mengandung kondisi,
jadi kalau suatu saat diperlukan query alternatif, saya bisa buat script seperti ini:


$sql = "SELECT COUNT(*) FROM tb_pelanggan ";
$sql .= "WHERE 1 ";

if ($pilihan == 1) { // misal: kalau $pilihan = 1, maka...
$sql .= "AND jns_kel = 'L' ";
} else { // selain itu, maka...
$sql .= "AND jns_kel = 'P' ";
}
$sql .= "GROUP BY tahun_lahir ";

script diatas adalah contoh dengan cara yang 'bodoh', soalnya kan bisa aja saya
tulis parameternya di field jns_kel, tapi... ya namanya juga contoh.
maksudnya kalau ada percabangan, penulisan scriptnya juga masih enak dibaca,
dan gak perlu menulis keseluruhan script untuk kondisi yang berbeda.

gitu ajah :-)

pivot

menampilkan data dalam tabel adalah kerjaan yang biasa dilakukan EDP dengan maksud memberikan informasi tentang suatu hal berdasarkan data-data dalam database. kali ini ada sebuah cara untuk menampilkan data dalam bentuk pivot, dimana kita bisa mendapatkan perhitungan/summary dari tiap kolom dengan sekali jalan. bingung? sebaiknya saya kasih contoh. misal kita punya data dalam tabel spt berikut:


Tanggal GSM
---------- ----
2004-02-01 xl
2004-02-01 tsel
2004-02-01 tsel
2004-02-02 satc
2004-02-02 im3
2004-02-03 fren
2004-02-04 m8
2004-02-04 m8
2004-02-04 xl
2004-02-04 xl

yang akan kita tampilkan dalam bentuk seperti ini:

Tanggal xl tsel satc im3 fren m8 Jml
---------- -- ---- ---- --- ---- -- ---
2004-02-01 1 2 0 0 0 0 3
2004-02-02 0 0 1 1 0 0 2
2004-02-03 0 0 0 0 1 0 1
2004-02-04 2 0 0 0 0 2 4

supaya query itu bisa terwujud, bisa digunakan query spt berikut:

SELECT tanggal,
SUM( if( gsm = 'xl', 1, 0 ) ) AS xl,
SUM( if( gsm = 'tsel', 1, 0 ) ) AS xl,
SUM( if( gsm = 'satc', 1, 0 ) ) AS xl,
SUM( if( gsm = 'im3', 1, 0 ) ) AS xl,
SUM( if( gsm = 'fren', 1, 0 ) ) AS xl,
SUM( if( gsm = 'm8', 1, 0 ) ) AS xl,
COUNT(tanggal) AS jml
GROUP BY tanggal

dengan keterangan, SUM pada syntax diatas dimaksudkan dengan tambahkan satu bila variabel gsm sama.

sportif

kenapa ya kalo di dalam bbrp cabang olahraga, kita sering liat pemain cabutan ato pemain bayaran dari luar tim atau luar negeri. terutama sepak bola. kayak yang saya liat kemarin malam di tipi, siaran liga bank mandiri, pertandingan antar propinsi di indonesia. tapi koq bawa-bawa pemain dari luar? kalo menang, siapa yang sebenarnya menang? udah bayar atlit mahal lagi... mending jago.
kalo niatnya untuk menambah pengalaman tim, kan si atlit bisa aja jadi partner waktu latihan, disitu bisa deh pelajarin teknik mereka. bukannya ikut waktu kejuaraan... biarin aja orang endonesia asli yang main.

iklan rokok

ada iklan rokok di tipi, x-mild namanya.
duh... tuh iklan bikin menyesatkan aje.
mosok skater bisa atraksi kayak gitu diatas kereta lagi kenceng.
kalo ada yang nyoba2 niru atraksi kayak gitu gimana?

satu catatan buat nugie.
dia ini kan pecinta lingkungan dan termasuk profil anak muda yang berprestasi,
koq ya jadi bintang iklan rokok.
di salah satu billboard iklan rokok, saya liat nugie megang gitar
dengan latar belakang hutan.

rokok - hutan - kebakaran, nah lo...
hubungan ini gak terlalu berlebihan kan?

yah, sayang aja, disaat iklan2 generasi muda bebas rokok,
tapi tokoh2 generasi mudanya pada ngerokok, ya ironis dong.

eh ada lagi, hari sabtu kemarin, di tempat cuci motor. keluarga
muda terdiri dari bapak, ibu dan anak perempuan datang dibawa motor.
setelah taruh motor di antrian cucian, si bapak ke warung beli rokok.
sekembalinya, si anak berlari ke arah bapaknya minta gendong.

dengan mulut disempal rokok, si bapak menggendong anaknya. tentu dengan hati-hati,
supaya anaknya gak kena rokok. tapi, ada tapinya nih... si anak kan bisa aja
menghirup asap rokok dari bapaknya. jadi deh perokok pasif. ibunya juga bisa kena.

sayangnya sang istri diam aja. mungkin dalam anggapannya, laki-laki
dengan rokok sudah dianggap biasa. bisa jadi waktu kecil, si istri juga sering
melihat bapaknya ngerokok di depan dia. dan itu jadi suatu yang biasa.
sekarang kejadian lagi pada anaknya. begitu aja terus.

kalau ada keinginan untuk merubah gaya hidup tanpa rokok, coba si istri negosiasi atau apalah
istilahnya ke suaminya untuk mengurangi merokok. tentunya dengan cara baik-baik.
pasti deh suaminya mau berubah...

pasca olahraga

badan lagi sakit-sakit abis main bulutangkis hari minggu kemarin.
leher bagian belakang rasanya sakit kalo kepala ditundukin.
semalem udah minum jamu pegel linu, sih... hasilnya... tidurnya enak.
tapi waktu bagun pagi, masih sakit juga nih badan.