Sunday, October 24, 2004

jadi teladan, itu yang diperlukan...

doktor dayat (Dr. Hidayat Nur Wahid) mebuat saya kagum dan salut pada beliau. beda bener dengan tokoh parlemen yang lain. pada ngikutin sepak terjangnya gak?

beliau itu setelah terpilih jadi ketua mpr, lalu memberikan teladan gerakan hidup bersahaja. apa aja itu? beliau menolah fasilitas hotel mewah hanya untuk rapat yang dilakukan di jakarta dan menolak fasilitas mobil volvo (yang kalo menurut saya itu adalah fasilitas mewah).

kenapa begitu? kenapa gak hal-hal besar seperti mengubah struktur anggaran --seperti yang pak agung laksono bilang-- biar lebih 'berasa' penghematannya? keliatannya hal yang paling mudah dilakukan adalah memberikan contoh hidup bersahaja dulu. baru bicara masalah penyusunan anggaran. kalo bisaca masalah anggaran, dari pemerintahan yang dulu-dulu juga anggarannya di kutak-katik sedemikian rupa tapi gak ada perubahan berarti yang dirasakan/diliat rakyat. nah yang ini keliatannya lebih konkrit, dibanding rencana penyusunan naggaran yang lebih abstrak.

mungkin dalam penyusunan anggaran, orang-orang bersahaja macam doktor dayat itu diajak serta biar arah pengucuran anggaran itu bener-bener untuk rakyat.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home